RSS

Minggu, 17 Januari 2016

Pengalaman Beasiswa Turki 2015 (Wawancara)

Wawancara, bagian terpenting kunci lolos YTB, jangan lewatkan yang satu ini!

Dear reader, nice to see you read my post...

İni adalah coretan kecil tentang pengalaman wawancara YTB saya... ketika kalian mendapat email untuk wawancara jangan panik karena terlalu bahagia. Usahakan keep calm dan ikuti step berikut ini :

1. Print undangan wawancara.
2. Survei tempat wawancara (Kedubes Turki) minimal sehari sebelumnya.
3. Bagi yang rumahnya jauh dari jakarta atau aceh usahakan menginap di sanak saudara yang rumahnya dekat dengan tempat wawancara atau di hotel, anda bisa juga saling mengirim kabar dengan sesama peserta yang lolos wawancara jika memungkinkan tinggal bersama agar lebih mudah.
4. Siapkan kemungkinan pertanyaan yang akan keluar terutama mengenai background pendidikanmu dan jurusan yang kamu pilih. Usahakan jika ditanya anda tidak bisa menjawabnya, perdalam pengetahuanmu.
5. Perdalam pengetahuanmu mengenai negara Turki.
6. Pelajari beberapa kata dalam bahasa Turki. Tujuannya selain menarik perhatian mereka juga menunjukan bahwa kalian benar-benar memiliki niat dan ketertarikan sendiri kepada Turki.
7. Siapkan alat-alat peraga yang bisa ditunjukkan kepada interviewer. Bentuknya bisa hasil karya anda yang berhubungan dengan jurusan anda.

Situasi pra interview...
Jarak antara hari interview dan email datang sekitar seminggu, ada cukup waktu untuk mempersiapkan segalanya. Saya membiasakan mengikuti perkembangan berita tentang orang-orang yang juga diterima wawancara melalui group facebook. Saling mengabari dan jika hari dan jamnya sama kita bisa kenal dengan mereka sebelum hari H wawancara. Sehari sebelum wawancara saya survei tempat tersebut, meskipun rumah saya dekat (Bogor-Jakarta) tapi jika pergi pada hari H bukan hal yang baik. Saya perlu mengukur waktu perjalanan dan kemungkinan lainnya. Jika memungkinkan ajaklah orang yang juga menjadi peserta interview untuk bersama-sama survei tempat.

Saat interview...
Saya kebetulan mendapat jam sore untuk interview, diantar ibu saya berangkat ke Kedubes Turki siang hari dari Bogor. Minta doa sebelum masuk ke ruang interview juga hal yang penting. Setelah masuk melalui pos satpam dengan pemeriksaan saya menunggu di ruangan bersama peserta lainnya. Disini bisa jadi juga mentalmu diuji. Ketika melihat peserta lain yang keluar masuk ruangan dan bercerita tentang situasi didalam jangan sampai membuatmu tak karuan. Fokus dengan apa yang sudah kamu persiapkan. Mungkin mereka membawa segudang peralatan yang memadai untuk mendukung mereka. Tapi percayalah kamupun bisa. Bercakap-cakap boleh, saling berbagi pendapat, tapi jangan sampai lupa jika giliranmu sebentar lagi lebih baik fokus. Saat masuk ruangan saya bertemu dengan 3 orang pria Turki, saya ucapkan salam dengan bahasa Turki "Merhaba, beyefendi" sambil tersenyum. Mereka mempersilahkan duduk. Pertanyaan pertama yang dilontarkan "tell me about yourself" ini adalah kunci untuk menarik perhatian mereka agar mau mendengarkan anda. Jawablah dengan percaya diri dan contohkan dengan realita. Saya menjawabnya "i'm ilma, 17 years old from Bogor. I was graduated from tourism vocational high school this year. İ choose turkish language and literature because i know turkish language getting strong day by day because the native speaker also have so much number of speaker and also of foreign the number of turkish speaker growing every time, and i see the opportunity in İndonesia i mean like indonesian company and Turkish company when we want to selling our product we need the translator of this two languages, and i thing this is will be the needed in the future. Also when someone wants to get higher education in both of this country as i know here so hard to find the translator of this language thats why i choose this faculty, because i want to be the one of translators from İndonesia for this language." Ketika saya menjelaskan saya membawa property yang saya pikir perlu, dan saya perlihatkan foto-foto yang berhubungan dengan partisipasi saya dimasyarakat dan buku pelajaran Bahasa Turki saya. Kebetulan pertanyaan yang mereka lontarkan hanya itu, mungkin karena saya sudah menjelaskan secara mendetail. Satu lagi yang mereka tanyakan sebelum selesai adalah nilai UN saya karena saat itu belum ada, "what do you thing your national exam score will be?" "Günler sonra it will be announced. But i think its will be good." Dan jawaban singkat itu mengakhiri pertanyaan mereka kepada saya. Sekarang giliran saya yang dipersilahkan bertanya pada mereka. "Will i have the second 'yes' saying from YTB in the next email?" Seketika mereka melihat saya, saling melihat temannya dan akhirnya salah satu dari mereka bilang "we don't know, you will see by yourself later." Setelah itu saya dipersilahkan keluar ruangan. "Tanıştığımıza memnun oldum" kata saya pada mereka sambil menjabat tangan mereka satu persatu lalu keluar ruangan dengan senyuman.

Pasca interview...
Kalian sudah berusaha sekarang hanya tinggal Allah yang menentukan. Pasca interview perbanyaklah doa, minta juga doa dari orang orang sekitarmu.

Not : sebetulnya pada saat wawancara saya banyak mencampur bahasa Turki yang saya tahu dengan bahasa İnggris. Tetapi karena saya tidak dapat mengingat dengan baik apa yang saya katakan saat itu saya tulis globalnya saja.

Untuk kalian semua pejuang beasiswa siapkan yang menjadi keunggulan kalian masing-masing. Tunjukan kalau kalian adalah orang yang tepat untuk mereka pilih, semangattt 😁

16 komentar:

Unknown mengatakan...

Hi kak Ilma.
senang sekali bisa baca postingan kakak tentang interview Turkiye Burslari ini. saya juga berencana untuk apply di tahun 2018, bila kakak berkenan boleh saya minta email atau alamat fb nya kak ? saya ingin sekali bertanya banyak hal untuk apply nanti.
terimakasih sebelumnya abla :)

Unknown mengatakan...

Hai reva.. maaf baru lihat komentarnya, kenapa mau ikutnya tahun 2018? Kamu masih sekolah? Boleh, fbku ilma alya nabila.. sama-sama bacım :)

Unknown mengatakan...

hi,kak Ilma
saya suka tulisan kakak sangat menginspirasi.saya tahun 2017 insyallah mau mendaftar beasiswa s1 untuk lulusan SMA. Boleh minta ID Line, Whatsapp, atau FB untuK menanyakan tentang beasiswa tersetb

Unknown mengatakan...

Hai Malihatul Rosidane,
Terimakasih banyak :) alhamdulillah kalau suka dan jadi inspirasi. Fb aku namanya sama ko..

kamiel mengatakan...

Hay ilma selamat ya...lolos tahap wawancara...saya kemarin juga daftar buat beasiswa Turki tapi belum lulus..mungkin bukan rezekinya...tahun depan saya mau daftar lagi buat beasiswa Turki..

Unknown mengatakan...

İya terimakasih :) insyaAllah tahun depan bisa diterima

Unknown mengatakan...

Kak teman saya ikut beasiswa Ytb juga dan sedang menunggu hasil wawancara / tahap akhir. Dulu waktu zaman kakak pengumuman yg lulus berangkat ke turki itukan di bulan agustus sekitar tanggal berapa ya kak? Dulu dari yg dipanggil wawancara , berapa orang yg lulus keturki?

euis nurfa mengatakan...

Halo kak Ilma, aku baru baca postingan ini dan jadi tertarik buat daftar tahun depan. Ada alamat e-mail/facebook kak? Aku mau nanya-nanya:)

euis nurfa mengatakan...

Halo kak Ilma:) boleh minta alamat email? Aku mau tanya2 soal beasiswa ytb. Makasih sebelumnya:)

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum kak,,boleh minta pin bbm,atau WA,atau Ig,,aku mau nanya beasiswa turki

Unknown mengatakan...

saya dipanggil wawancara pertengahan bulan mei dan jarak ke pengumuman diterimanya itu sekitar sebulan lebih juga.. setiap tahun beda-beda jumlah orang yang diterimanya

Unknown mengatakan...

terimakasih euis.. euis dan aulia bisa tanya di ilmaalya@yahoo.co.id :)

Unknown mengatakan...

Kak aku mau tanya, kalau tes tulis nya apa saja ya kak?

Ahmad Maulidizen mengatakan...

Mbak Ilma saya mau bertanya: Hasil pengumuman Beasiswa Turki (Lulus/Gagal) apakah tetap akan diberikan informasi melalui email dan aplikasi?

Ahmad Maulidizen mengatakan...

Apakah hasil pengumuman beasiswa Turki (Lulus/ Gagal) tetap akan diinformasikan melalui Email dan Aplikasi?

metha mengatakan...

Assalamualaikum kak, bagaimana sekrang sudah sampe diturkikah?? sharing ilmu nya via japri dong kak,, via wa atau fb
salam pemimpi :)