RSS

Minggu, 17 Januari 2016

Pengalaman Beasiswa Turki 2015 (Penelitian)

Merhaba okuyanlara... (halo para pembaca) ☺

İni lanjutan dari cerita pengalaman beasiswa Turki sebelumnya. Kali ini saya akan bahas mengenai penelitian pribadi saya sebelum pembukaan pendaftaran YTB pada 25 Februari 2015 kemarin. Kira-kira apa saja sih yang perlu diteliti oleh para peserta? İni penelitian yang saya lakukan saat itu...

1. Tentukan dengan mantap jurusan yang jadi pilihanmu. Usahakan harus sejalan dengan background pendidikan kalian, jangan sampai menyimpang jauh.
2. Cari di website www.turkiyeburslari.gov.tr universitas mana saja yang memiliki jurusan yang kalian akan ajukan di pendaftaran.
3. Lihat dengan seksama ketentuan di Universitas tersebut yang berhubungan dengan syarat masuk kalian. Pilih yang paling memungkinkan. Contohnya jika univ meminta TOEFL dan anda tidak memiliki atau masa berlakunya sudah habis jangan memilihnya.
4. Buat dari jauh jauh hari softcopy dokumen yang diperlukan, tujuannya agar tidak terburu-buru dan jika ada kesalahan dapat diperbaiki sesegera mungkin dan meminimalisir hal-hal yang mungkin menjadi hambatan disaat yang akan datang. Dokumen yang bisa dibuat jauh jauh hari diantaranya : surat rekomendasi, surat pernyataan magang, translation transkrip nilai, dll.
5. Konsultasikan dokumen yang sudah jadi kepada orang-orang yang bersangkutan (guru, dosen, kepala sekolah, pembimbing magang, dll). Minta pendapat mereka jika perlu perbaikan.
6. Siapkan semua berkas dengan baik, usahakan jangan sampai ada kekurangan.

#Siapkanlah senjata sebelum berperang, jika bisa mulailah start lebih dahulu saat orang lain bersantai ria, sesungguhnya Allah tahu peluh siapa yang terkuras untuk usaha yang dilakukannya.

Untuk kalian yang sedang berusaha dan berjuang jangan patah semangat, ambillah setiap ilmu yang kalian dapat dari orang disekitar kalian dan mintalah doa dari mereka. Semoga sukses selalu menyertai kalian semua ☺😊

0 komentar: