RSS

Minggu, 17 Januari 2016

Pengalaman Beasiswa Turki 2015 (Hasil Penelitian dan Kenyataan)

Halo para pembaca semuanya...

Saya ingin memaparkan cerita pribadi saya tentang pengalaman YTB tahun kemarin. Seperti yang sudah saya post sebelumnnya kita lebih baik melakukan persiapan dan penelitian lebih awal tetapi pada kenyataannya itu masih saja tak cukup dan juga tak mudah.

Saya sudah melakukan berbagai penelitian kecil untuk pendaftaran YTB untuk jurusan pariwisata di universitas universitas yang ada di Turki. Mulai dari list universitas yang menyediakan jurusan ini sampai LOI (Letter of Intent) untuk pariwisata saya sudah buat dari jauh jauh hari. Tetapi pada kenyataannya meski background saya yang menurut saya sangat mendukung untuk tourism, jurusan itu tak tersedia untuk saya. Hingga akhirnya saya harus menyusun kembali dari awal beberapa dokumen yang sudah saya buat. Dengan latar belakang ketertarikan saya hanya pada kultur budaya dan bahasa karna inilah saya memutuskan mengambil jurusan di Yunus Emre Scholarship Program. Saya menyusun ulang semua loi pada minggu minggu setelah dibukanya pendaftaran. Jujur hal ini agak sedikit kacau dan sangat mengagetkan untuk saya.

Saran saya kepada kalian tentukan jurusan yang kalian akan daftarkan itu penting, tetapi buatlah plan a, b, c... untuk jurusan lain yang mendekati atau sesuai minat kalian. Lebih baiknya persiapkan segala kemungkinan dari awal sampai akhir dengan plan yang berbeda, karena kita tidak akan tau perbedaan penelitian kita dengan kenyataan yang akan kita hadapi... soo good luck guys

2 komentar:

Unknown mengatakan...

kalo beasiswa summmer school gimana mbak?
saya coba cari informasi di blog tapi terbatas dan sangat jarang.

Unknown mengatakan...

Aku juga kurang tau untuk summer school.. kayanya udah ga di program soalnya mereka ga posting tentang itu lagi mba.